Jumat, 06 Januari 2017

Part 1: Nonton MotoGP Sepang a.k.a Nyepang First-timer, 2016!

HALO PEMBACA!
Gue mau share cerita gue pertama kali nonton MotoGP langsung di Sepang, Malaysia. Share lho ya, bukan sombong. Cih, emang apaan yang bisa disombongin dari perjalanan ini :( Gue nyepang ala-ala backpacker, gak ikut tour-tour-an karena gue anaknya gak suka diatur dan memang tujuan utama gue cuma sirkuit tanpa keliling KL. Bukan masalah apa-apa sih, cuma kagak keduitan mau jalan-jalan lagi. HAHAHA.

Gue berangkat sendirian dari Palembang hari jumat, 28 Okt 2016. Gue awalnya mikir penikmat motogp dari Palembang hanya segelintir orang, ternyata gue salah. Dari antrian yang mengular bisa kita kotak-kotakin mana yang tujuannya nonton motogp, mana yang bukan. Atribut rider kesayangan bisa dilihat dari topi, kaos, tas, bahkan ada yang bawa bendera. Lha gue? Seperti hari-hari biasa, gue lebih mirip homeless. Dengan 90% penumpang memiliki tujuan yang sama, di ruang tunggu kita heboh dong ya! Gue kenalan dengan beberapa cewek yang sama-sama berangkat sendirian, salah satu namanya Mba Tyas.Yha, kalian pasti bisa menebak apa isi percakapan kami :)) Yaudah, skip skip!

Sesampainya di KLIA2, kita semua pisah. Ternyata klia2 sudah rame, antrian imigrasi puanjaaaang banget cyin! Harapan gue bisa ikut autograph session sesampainya di sirkuit langsung sirna. Imigrasi selesai, gue buru-buru beli tiket bis RapidKL menuju SIC, harga One-way hanya RM 12. Gue adalah penumpang pertama bis tersebut, bangga gak? Enggak! Bisnya berangkat setiap 45 menit yang artinya gue harus menunggu 45 menit di dalam bis karena bis sebelumnya baru aja berangkat. Gue tanya temen yang di sirkuit untuk sesi ttd yang ternyata sesinya udah bubar sejak lama. Gue sedih, butuh bahu untuk bersandar dan gue teringat Mba Tyas. Memang dasar takdir buat nyepang bareng, gue ketemu Mba Tyas lagi di dalam bis. Jujur aja, sebelumnya gue panik mengingat gue lone traveler dan ini adalah pengalaman pertama. Terima kasih Mba Tyas! Skip-skip...

Tiket RapidKL KLIA2-SIC

Sesampainya di SIC, kita memutuskan untuk nitipin ransel di container penitipan, satu ransel RM 30. Lumayan mahal, tapi tak apa daripada hari pertama udah encok kan ya :)) Balik lagi di dalem, kami ketemuan dengan beberapa teman dunia maya di salah satu cafe buat recharge energi. Saat itu lagi FP2 Moto3, suara motornya kedengeran sampe ke cafe tempat kita makan. Gue makin excited, pengen buru-buru masuk dan liat langsung. Iye, gue alay emang :( Gue tarik Mbak Tyas buat cepat-cepat masuk ke dalam dan duduk manis di tempat duduk kita, Marquez Tribune. Gue dan Mbak Tyas ini semacam jodoh perjalanan, kita satu pesawat dan ternyata duduk sebelahan, gak sengaja ketemu lagi di bis dan seterusnya sampai nonton race pun bareng! Padahal Mbak Tyas ini ikut semacam tour lho. Kita ga nemu Marquez Tribune karena bingung, yaudah kita duduk aja langsung di depan paddock Repsol Honda buat nungguin FP2 MotoGP. Yang ditunggu gak keluar-keluar padahal FP2 udah mulai sejak 15 menit yang lalu, gue mulai curiga. Cek twitter @box_repsol dan ternyata Marc dikabarkan sakit dan absen Autograph session dan FP2! Gue sedih karena ternyata gue gak bisa liat aksi Marc hari itu, dan gue juga sedih Dani Pedrosa juga absen dari balapan Sepang karena cidera. Yaudah kita pergi, pantes aja paddock-nya sepi! 

Kita ketemuan lagi dengan teman yang lain yang nanti akan jadi hotel-mate gue buat hari Jumat. Gue bakalan nebeng nginep bareng Mba Dian dan Mba Endah, fyi gue sebelumnya beli tiket berangkat sabtu dan udah pesan hotel tapi karena gue ada jadwal kosong hari jumat yaudah gue beli tiket baru 3 hari sebelum berangkat dan hotel murah daerah Sepang udah full booked.

Marc Marquez absen dari FP2
Kita berempat ketemu dan langsung ikut antrian Pit-Lane Walk yang sejak gue dateng antriannya udah rame. Antriannya panjang, sesak, dan panas. Kita antri dari jam 14.30 dan PLW baru mulai jam 16.45. Bayangkan pembaca! Gue sebenernya males karena gak ada Marc dan Dani, tapi tak apalah buat nambah pengalaman. Sesaat sebelum kami masuk, tiba-tiba hujan gede. Iya, hujan deras dan angin kencang. Oke gue siap buat basah-basahan, batin gue. Gue antri di belakang orang yang pake payung, tau kan ya kalo di belakang payung? Airnya pas ngalir semua ke atas kepala gue. Gue bilang ke mas-masnya buat maju dikit biar ga kena gue, lah dia malah nawarin payungan bareng. Yaudah, oke. Fyi, payungnya warna item. Gak, kita enggak nyanyi "payung hitam". Terus kita masuk ke tunnel menuju paddock pelan-pelan karena licin dan sampailah ke pintu keluar. Disana disuruh nunggu lagi, dan gak lama masuklah 3 rider kesayangan dengan buru-buru dan dijaga mas-mas. Gue senyam-senyum mematung ngeliat Johann Zarco, Brad Binder, dan Bo Bendsneyder lewat di depan mata gue. Orang-orang sigap foto-foto mereka, dan gue hanya terdiam. HAHAHA.

Tiket Pit-Lane Walk

Di luar masih hujan deras, jangan bayangkan ini hujan biasa ya, ini hujannya bener-bener deras! Gue tutupin kepala pake jaket sambil record PLW gue kali ini. Gue terpisah dengan teman-teman yang lain karena desakan orang-orang. Tiba-tiba gue udah di samping Mba Tyas lagi, loh kok bisa?! Paddock yang awal masih paddock moto3 dan moto2. Karena hujan deras, suasana paddock sepi. Gue kaget dan histeris nglewatin paddock tim Forward Racing. Rider kesayangan gue, Lorenzo Baldassarri lagi di dalam paddock ngobrol dengan crew-nya sambil duduk di depan laptop. Kalo diliat-liat sih obrolannya serius, mungkin karena cuaca Sepang yang berubah-ubah. Gue teriak manggil tuh bocah, tapi kayaknya gak kedengeran. Yha, mekaniknya lagi manasin motor sambil di-gas kenceng-kenceng dan ditambah suara hujan deras. Yaudah gue kelelep. Mba Tyas ngajak buru-buru selesai karena udah basah sebadan-badan.

Balda yang di lingkaran merah :(

Yaudah gue tinggalin paddock-nya Balda dan terus berjalan ngelewatin paddock lain. Meskipun gak ada Marc dan Dani, masih banyak fans yang ngerubungin paddock Repsol buat hanya sekedar foto dari depan. Di sebelah paddock Marc ada Tito Rabat yang ujan-ujanan keluar buat nyapa fans, baik hati sekali Tito.
Tito si baik hati

Paddock Yamaha jangan ditanya, orang-orang sprint dari pintu keluar ke paddock Yamaha buat nungguin Vale dan Jorge. Gue lewatin aja, gue udah gak sanggup desak-desakan. Akhirnya, dengan berat hati kami memutuskan untuk keluar dari PLW karena melihat cuaca yang bener-bener gak bersahabat. PLW ini lumayan lama bisa sekitar 35 menit, kalau cuaca lagi bagus sih enak. Sesampai di luar, ternyata hujan sedikit reda, kita kecewa lagi. Eh 2 menit kemudian, ujan deres lagi. Gue dan Mba Tyas memutuskan keluar ke mall area karena Mba Tyas mau beli kaos MM93. Baru mau jalan keluar eh ada mobil media nawarin tebengan ke depan, awalnya kita ragu karena takut dan badan basah kuyup tapi mas-masnya gak masalah yaudah nebenglah kita sampe mall area. Mas-mas di dalam mobil ada 3 orang, ketiganya jurnalis media dari Malaysia dan gak sempat kenalan sih cuma tanya-tanya tentang GP aja. Sesampai di mall area kami bingung kok rame-rame, ternyata ada sesi ttd Aleix Espargaro! Mengobati kekecewaan PLW, kami berhasil foto bareng Aleix dan dapet kaos KYT yang udah di-ttd-in langsung. Horeeee!

Aleix, Hi!
Hari Jumat selesai, Mba Tyas balik ke BB dengan bis rombongannya dan gue balik ke hotel bareng Mba Dian dan Mba Endah. Gue bakal lanjutin Part 2 sesegera mungkin! Ciao ragazzi!

1 komentar:

  1. Mba asal palembang ya salam kenal. Boleh mnt kontaknya ? Ada yg mau di tny2

    BalasHapus